“MEMBUAT ANIMASI MENGUNAKAN ADOBE ANIMATE ”
Disusun oleh :
1. Muhammad Dimas Farhansyah (14116773)
2. Muhammad Renaldi (15116039)
3. Muhammad Zidane Hidayat (15116153)
4. Naufal Aderizki (15116339)
5. Nurul Ummi Yasmin (15116638)
6. Pandu Wibisono (15116717)
7. Poetry Agustina (15116765)
8. Prima Dewi (15116765)
9. Rahma Fitriani (15116983)
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya komputer, membawa dampak dalam dunia pendidikan dalam memanfaatkan komputer. Komputer dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang interaktif. Tujuan pembuatan animasi yaitu untuk mengetahui cara membuat animasi yang baik dan benar dengan menggunakan aplikasi, Dan animasi juga mampu membangkitkan antusiame dan emosi . Animasi dibuat untuk mengembangkan pikiran anak - anak lewat gambar-gambar yang menarik perhatian mereka. Sehingga mereka tertarik untuk melihatnya.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman teknologi Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang mampu menyajikan gambar-gambar bergerak hasil dari rekaman kegiatan dari makhluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Jika dikomparasikan dengan gambar foto atau lukisan yang diam(tidak bergerak) maka secara umum animasi lebih disukai penonton karena mampu membangkitkan antusiame dan emosi. di dunia semakin berkembang salah satunya pada dunia Animasi. Animasi dibuat untuk mengembangkan pikiran anak-anak lewat gambar-gambar yang menarik perhatian mereka. Sehingga mereka tertarik untuk melihatnya. Maka dari itu pembuatan animasi harus mengandung cerita yang positif agar anak-anak yang melihatnya bisa mencontoh karakter yang ada didalam animasi. Selain itu animasi juga dibuat untuk mengembangkan kreatifitas seseorang . Dalam hal ini kami menggunakan aplikasi untuk membuat animasi sederhana yang bisa di perlihatkan.
1.2 Ruang Lingkup
Berdasarkan latar belakang yang ada bisa dirumuskan suatu permasalahan yaitu bagaimana membuat animasi yang tepat. Mulai dari langkah – langkah untuk pembuatan animasinya.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang cara membuat animasi yang sangat sederhana ini menggunakan aplikasi
1.4 Metode Penelitian
Dalam penyusunan makalah ini penulis menggunakan studi pustaka dengan cara mencari data melalui internet dan melakukan percobaan langsung ke software yang telah di download.
1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dibuat untuk mempermudah dalam penyusunan penulisan ilmiah ini maka perlu ditentukan sistematika penulisan yang baik. Sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bagian pendahuluan ini terdiri dari mendeskripsikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.
- Latar belakang masalah
Latar belakang masalah berisi mengenai permasalahan yang ditemukan di lapangan dan kesenjangan antara kenyataan atau realita dengan teori. Penulis juga menjelaskan alasan dan dasar pemilihan topik.
- Rumusan Masalah
Rumusan masalah berisi mengenai permasalahan-permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian..
- Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian mendapatkan suatu rumusan hasil dari suatu penelitian melalui proses mencari, menemukan, mengembangkan, serta menguji suatu pengetahuan.
- Metode Penelitian
cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan & menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
BAB II PEMBAHASAN
Pada bab ini memaparkan tentang pengertian animasi dan langkah – langkah membuat animasi menggunakan aplikasi.
BAB III PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran dari seluruh penelitian yang telah dilakukan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Animasi
- Menurut Vaughan (2004), animasi adalah usaha untuk membuat presentasi statis menjadi hidup. Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu yang memberi kekuatan besar pada proyek multimedia dan halaman web yang dibuat. Banyak aplikasi multimedia menyediakan fasilitas animasi (Iwan Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya, 2010)
- . Animasi adalah gambar-gambar yang bergerak dengan kecepatan, arah, dan cara tertentu (Budi Sutedjo Dharmo Oetomo, S.Kom., MM, Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, 2006)
- Menurut Agus Suheri, pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan
- 4. Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan
2.2 Jenis - Jenis Animasi
Secara umum jenis animasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter
a. Stop Motion Animation/ Claymation
Jenis animasi ini pertamakali ditemukan oleh Blakton pada tahun 1906. Blakton memanfaatkan tanah liat (clay) sebagai objek animasi. Contoh film yang memakai teknik animasi clay adalah film Chicken Run dan Shaun the sheep. Tentu saja bahan yang digunakan bukanlah tanah liat biasa tapi palasticin, yaitu bahan yang elastis/ lentur.
b. Animasi 2 Dimensi (2D)
Animasi 2D kita kenal dengan kartun (cartoon), yaitu kumpulan gambar-gambar lucu dalam film animasi untuk menghibur penonton. Beberapa contoh film kartun misalnya; Donal Bebek, Tom & Jerry, dan lain-lain.
c. Animasi 3 Dimensi (3D)
Teknologi berperan besar bagi kemajuan animasi, khususnya teknologi komputer. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D dimana objek dalam animasi menjadi terlihat lebih hidup.
2.3 Pengertian Aplikasi Adobe Animate
Adobe Animate (sebelumnya Adobe Flash Professional, Macromedia Flash, dan FutureSplash Animator) adalah program penulisan multimedia dan animasi komputer yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Animate digunakan untuk merancang grafik vektor dan animasi untuk program televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet yang kaya, dan permainan video. Program ini juga menawarkan dukungan untuk grafik raster, teks kaya, embedding audio dan video, dan skrip ActionScript. Animasi dapat diterbitkan untuk HTML5, WebGL, animasi Scalable Vector Graphics (SVG) dan spritesheets, dan warisan Flash Player (SWF) dan format Adobe AIR
Ini pertama kali dirilis pada tahun 1996 sebagai FutureSplash Animator, dan kemudian berganti nama menjadi Macromedia Flash setelah diakuisisi oleh Macromedia. Itu dibuat untuk berfungsi sebagai lingkungan penulis utama untuk platform Adobe Flash, perangkat lunak berbasis vektor untuk membuat konten animasi dan interaktif. Itu berganti nama menjadi Adobe Animate pada tahun 2016 untuk lebih mencerminkan posisi pasarnya, karena lebih dari sepertiga dari semua konten yang dibuat di Animate menggunakan HTML5
2.4 Langkah – Langkah Pembuatan Animasi
1. Tampilan awal Adobe Animate, pilih preset HD dan klik create
2. Dan inilah tampilan pada saat kita mengklik create
3. Untuk langkah pertama membuat seperti ini kita harus mempunyai design terlebih dahulu, jika sudah mempunyai designnya hanya tinggal men drag designnya kedalam scene. Tapi jangan lupa untuk membuat new layer dulu pada bagian timeline lalu namakan sesuai dengan design tersebut. Lalu di sesuaikan juga waktunya ingin berapa detik. Jika sudah masukkan semua design lalu tata dengan rapih sesuai dengan keinginan.
4 4. Gambar Timeline
5. Gambar scene
6. hasil Animasi
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Adobe Animate adalah program penulisan multimedia dan animasi komputer yang dikembangkan oleh Adobe Systems. Animate digunakan untuk merancang grafik vektor dan animasi untuk program televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet yang kaya, dan permainan video. Program ini juga menawarkan dukungan untuk grafik raster, teks kaya, embedding audio dan video, dan skrip ActionScript., Selain itu dalam merancang animasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu objek animasi itu sendiri, armature atau kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur kapan objek bergerak atau berhenti.
DAFTAR PUSTAKA
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar